-->

Rapat Persiapan Rukyatul Hilal 1442 H - 2021 M

Rapat Persiapan Rukyatul Hilal 1442 H / 2021 M

(Inmas Kemenag) Kota Tarakan. Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Utara menggelar acara Rapat Persiapan Ru’yatul Hilal dalam menentukan dimulainya Umat Islam melaksanakan Ibadah Puasa yang awal pelaksanaannya pada tanggal 1 Ramadhan 1442 H di AULA Al-Ikhlas Kantor Kemenag Kota Tarakan, senin (12/04/2021) Pukul 09:00 Wite.

Rapat Persiapan Ru’yatul Hilal kali ini di ikuti oleh Kabid Haji, Umrah dan Bimas Islam. H. Ramli, S.Ag mewakili Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalimanatan Utara H. Suriansyah, S.Ag, M.Pd, Kepala Kantor Kemenag Kota Tarakan H. M Shaberah, S.Ag, MM, Ketua MUI Kota Tarakan Drs. KH. M Anas L, Wakil Ketua Baznas, Wakil Ketua Pengadilan Agama, Perwakilan dari BMKG, Perwakilan dari ormas Islam, Muhammadiyah, Nahdhotul Ulama’ Al Wahdah, serta Undangan.

Pada kesempatan awal Kepala Kantor Kemenag Kota Tarakan menyampaikan sambutan “ kami sampaikan bahwa kami bersama pemerintah Kota Tarakan Tarakan telah melaksanakan rapat penentuan 1 Ramadhan dan penentuan kadar Zakat dan Fidya serta himbauan tentang prokes dalam pelaksanaan shalat terawih, I’tikaf dan lainnya, dimana hal ini telah kami sosialisasikan kemedia. Pada hari ini Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kaltara mengadakan Rapat Persiapan Ru’yatul Hilal, dan setelah rapat, Insya Allah sore nanti tepatnya pukul 17:00 kita akan berkumpul di Taman Berlabuh Kota Tarakan  yang tujuannya untuk melaksanakan Ru’yatu Hilal. Informasi yang kami dapatkan bahwa saat ini kota tarakan posisinya sudah 3 derajat 15 menit 30 detik, tentu tidak akan ada perbedaan lagi karena sudah diatas 2 derajat. Dimana hal ini kami pernah mengikuti pelatihan di Jakarta tentang penentuan 1 Ramadhan serta jadwal Shalat. Lanjut dalam penjelasannya “ memang setiap tahunnya Kanwil Kemenag diwajibkan melakukan Ru’yatul Hilal, meski kita juga menunggu informasi dari Kemenag Pusat yang biasanya disampaikan oleh Menteri Agama RI tentang awal pelaksanaan puasa.

Usai sambutan Kepala Kemenag Kota Tarakan dilanjutkan oleh Kepala Bidang Haji, Umrah dan Bimas Islam  “Kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag Prov Kaltara sebagai mana telah disampaikan oleh Kepala kemenag Kota Tarakan, bahkan bukan hanya di Indonesia saja yang mengadakan Ru’yatul Hilal tetapi beberapa negara dibelahan dunia juga melaksanakan hal seruapa. Kanwil Kemenag magadakan dua agenda pada hari ini yang dilaksanakan di Kota Tarakan, pertama Rapat Persiapan Ru’yatul Hilal 1442 H/ 2021 M dan yang kedua kita akan melaksanakan ru’yatul hilal pada sore nanti sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Kemenag Kota Tarakan. Kami berharap pelaksanaan Ru’yatul Hilal berjalan dengan baik, kami melaksanakan acara ini berdasarkan Al-qur’an dan Hadits Rasulullah. SAW. Dan mekanisme dalam Ru’yatul Hilal tentunya akan kita dengarkan nanti dari perwakilan BMKG Kota Tarakan.

Setelah sambutan dari Kabid Haji, Umrah dan Bimas Islam, perwakilan BMKG menyampaikan bahwa Data BMKG Pusat yang telah dirilis untuk BMKG Kota Tarakan data tersebut. 1. Waktu terbenam matahari 18. 15. 42, waktu terbenam bulan 18. 30. 42 Ajimun Matahari 278 derajat Ajimun Bulan 276 derajat, tinggi Bulan 3 derajat raksi ilunasi bulan 0. 14 %  elonasi 4 derajat, demikian data matahari terbenam senin tanggal 12 April 2021. (Humas/ Rid)

Rapat Persiapan Rukyatul Hilal 1442 H - 2021 M

Rapat Persiapan Rukyatul Hilal 1442 H - 2021 M

Rapat Persiapan Rukyatul Hilal 1442 H - 2021 M

Rapat Persiapan Rukyatul Hilal 1442 H - 2021 M

Sumber FB : Kementerian Agama Kota Tarakan

12 April 2021· 

Tarakan Info
Tarakan Info - Informasi Kota Tarakan. Terwujudnya Tarakan sebagai Kota Maju dan Sejahtera melalui Smart City

Tarakan Info Terkait

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter