-->

Perayaan Iraw Tengkayu X Sukses Digelar

Perayaan Iraw Tengkayu X Sukses Digelar - Tarakan Info
Tarakan,- Perayaan Festival Iraw Tengkayu X sukses digelar dipantai Amal lama Tarakan Kalimantan Utara, Minggu (22/12/19).

Walikota Tarakan Khairul mengatakan, pelarungan Padaw Tuju Dulung atau perahu tuju haluan merupakan tradisi budaya warisan adat dari suku Tidung yang hingga saat ini menjadi event Pariwisata yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali.

Pelaksanaan Iraw tengkayu biasanya dirangkaikan dengan perayaan hari ulang tahun Kota Tarakan yang yang diperingati setiap tanggal 15 Desember dengan berbagai kegiatan hiburan dan puncaknya adalah penurunan Perahu Padaw Tuju Dulung dipantai Amal.

Perayaan Iraw Tengkayu sendiri mempunyai makna sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh sang Maha Pencipta atas rezeki yang diberikan kepada masyarakat berupa hasil laut yang mereka peroleh.

Lebih lanjut Khairul menyampaikan, Iraw Tengkayu telah mendapatkan berbagai penghargaan dari Kementerian Pariwisata yaitu Anugrah Pesona Indonesia pada tahun 2016 serta predikat top event kelas dunia dari Indonesia pada 2017.

Selain itu Iraw Tengkayu juga ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Tahun ini pun masuk ke dalam calendar of event Kementerian Pariwisata.

Untuk itu Khairul berpesan mari kita tingkatkan prestasi dan penghargaan ini untuk menjadi pemicu untuk kita semakin berupaya meningkatkan pariwisata serta pelestarian kebudayaan di Kota Tarakan.

Sumber : Tarakankota.go.id


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter