Tarakan BAIS | Tarakan Smart City | Tarakan Kota Pendidikan | Tarakan Berprestasi | Tarakan The New Singapore | Promosikan Tarakan Lewat Blog Demi Indonesia Yang Lebih Baik
Home » » Pengoperasian Feri Molor Lagi

Pengoperasian Feri Molor Lagi

Pengoperasian Feri Molor Lagi - Pelabuhan Feri Juata Laut TarakanTARAKAN – Pengoperasian pelabuhan feri Juata Laut kembali molor. Sebelumnya direncanakan dioperasikan 26 Februari ini, namun diperkirakan Maret mendatang baru bisa diresmikan. “Memang molor. Keterlambatan ini diakibatkan ada beberapa permasalahan surat-surat kapal yang sempat mati (tak berlaku lagi, red),” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Tarakan, Budi Prayitno, kepada Radar Tarakan, kemarin.

Meski demikian ditegaskan Budi, secara teknis dalam pengoperasian feri sudah tidak ada masalah. “Kami sudah mempersiapkan 12 personel di pelabuhan itu dan persiapan fisik pun kita sudah siap, namun tergantung kesiapan dari pelabuhan Toli-Toli,” ujar Budi.

Untuk diketahui, pelabuhan feri Juata Laut ini untuk sementara melayani rute Tarakan-Toli-Toli. Ke depannya, pelabuhan ini juga melayani Tarakan-Bulungan. Lebih jauh, Budi mengatakan, rencananya pelabuhan yang terletak di Jl Adji Iskandar ini diresmikan oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek, awal Maret mendatang. “Penyelesaian administrasi ya makan waktu 1 bulan. Apalagi masalah operasional kapal secara teknis memang ada di departemen yang membidanginya, termasuk kelaikan pelayaran kapal,” sebutnya.

Meski pemerintah sudah memastikan bahwa kapal penyeberangan yang akan melayani rute Tarakan-Toli-Toli adakan kapal feri Julung-Julung, pemerintah tetap akan membuka pintu jika ada pengelola kapal yang ingin bekerjasama. “Sesuai kesepakatan dengan Walikota Tarakan beserta jajaran SKPD kita tetap welcome saja. Siapa saja pihak swasta yang berkeinginan masuk untuk mengoperasikan armadanya. Silakan,” tuturnya.

Untuk mendukung operasional pelabuhan tersebut, saat ini sudah ditempatkan beberapa personel di pelabuhan feri Juata. Para personel ini sudah menjalani pelatihan dan training. Saat ini, kapal feri Julung-Julung tersebut sudah berada di Balikpapan dan menunggu keputusan kapan berangkat ke Tarakan.

Keberadaan pelabuhan feri ini sangat mendukung bidang perekonomian dan transportasi di Tarakan. Apalagi kota ini hanya sebuah pulau, dan akses kemana-mana hanya tergantung dengan pesawat dan kapal laut. (*/sur)

Sumber : Radar Tarakan (23 Februari 2010) Borneo

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda