Tarakan BAIS | Tarakan Cyber City | Tarakan Kota Pendidikan | Tarakan Berprestasi | Tarakan The New Singapore | Lewat KBT (Komunitas Blogger Tarakan) | Lihat Dengar dan Kebersamaan | Promosikan Tarakan Lewat Blog Demi Indonesia Yang Lebih Baik
Home » » Gempa Bumi Yang Terjadi Di Tarakan Merupakan Patahan Mendatar (Strike-Slip Fault)

Gempa Bumi Yang Terjadi Di Tarakan Merupakan Patahan Mendatar (Strike-Slip Fault)

Tarakan, Gempa berkekuatan 6.1 SR yang mengguncang Kota Tarakan dan sekitarnya pada hari Senin (21/12) dini hari merupakan aktivitas gempa bumi kerak dangkal (Shallow Crustal Earthquake), jenis intraplate dengan hipocenter dangkal dan terjadi karena sesar yang aktif, sehingga sangat relevan jika hasil analisis mekanisme sumber gempa bumi ini merupakan patahan mendatar (strike-slip fault).

Siang harinya dilakukan rapat koordinasi di ruang kerja Walikota Tarakan yang dihadiri oleh pihak BMKG, BPBD, unsur Forkompimda Kota Tarakan. Data dan informasi yang didapatkan dari pertemuan ini, seperti diungkapkan Komandan Kodim 0907 Tarakan, Letkol Inf. Singgih Prambudi Arinto, terdapat 16 tempat tinggal yang rusak. Dan sejumlah anggota Kodim 0907 beserta personel TNI dari kesatuan lainnya, telah dikerahkan untuk membantu masyarakat (korban gempa) dalam dalam hal evakuasi serta membersihkan puing - puing rumah yang rusak akibat gempa tersebut.

Kepala BMKG Kota Tarakan, Nanang Buchori, jelaskan pihaknya akan terus menindak lanjuti keinginan masyarakat dengan memberikan informasi sekecil apapun terkait perkembangan bencana ini. Saat ini pemerintah kota (Pemkot) Tarakan sedang mengusulkan alat pendeteksi tsunami (tsunami early warning system), dimana alat ini akan mendeteksi dan mengeluarkan bunyi sirine bila mana didapati tanda – tanda akan terjadi bencana tsunami.

Sementara itu Walikota Tarakan, Sofian Raga, paparkan bagi masyarakat yang rumahnya (tempat tinggal) mengalami kerusakan, baik kerusakan ringan, sedang, ataupun rusak berat, akan didata untuk mendapatkan tempat tinggal sementara.

“Saya sudah menginstruksikan kepada Camat dan Lurah untuk mengambil tindakan dilapangan sehingga pasca gempa ini, mereka ada tempat sementara,” kata Sofian Raga.

Walikota Tarakan himbau kepada masyarakat untuk tetap tenang, dan tidak mudah terpengaruhi oleh berbagai macam informasi yang disebarkan oleh pihak – pihak tidak bertanggung jawab. Dan tetap menjalankan aktifitas sehari – hari dengan tetap meningkatkan kewaspadaannya.

OZ – DD, MC Diskominfo Tarakan
Sumber : http://tarakankota.go.id/

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

CoC Tarakan